| 
      Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrumen
penilaian Keterampilan Proses Sains pada materi IPA SD kelas IV semester II.
Penelitian dilakukan dari bulan November hingga Desember 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ulujami 05 Jakarta yang beralamat di Jl. H. Buang RT
007/RW 007, Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN
Ulujami 05 Jakarta yang tersebar ke dalam 4 kelas. Sampel diperoleh dengan
menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini terbagi ke dalam dua tahap uji coba. Pada uji coba (skala besar),
sampel yang digunakan diambil sebanyak 72 responden yang tersebar di kelas IV tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
pengembangan (Developmental Research) dengan model prosedural mengadaptasi model pengembangan Tessmer dengan tipe formatif evaluation yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping (expert reviews, one-to-one dan small group) dan tahap field test. Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda dengan jumlah 50 butir soal. Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap sintesa teori dan analisis (menentukan definisi konseptual dan operasional), tahap perancangan (konstruksi variabel, pengembangan indikator, penyusunan kisi-kisi soal, penentuan jenis tes, penulisan instrumen, penskoran) dan tahap evaluasi (uji validitas, reliabilitas, dan analisis butir item). Validasi teoritik dilakukan oleh ahli yang meliputi validasi materi/isi, konstruk, dan bahasa. Validasi empirik terdiri dari uji coba tahap I (small group) dan uji coba tahap II (field test). Hasil penelitian, jumlah soal yang valid sebanyak 42 butir soal dengan persentase 84% dan 8 butir
soal tidak valid dengan persentase 16%. Selanjutnya, pada pengujian reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown, didapatkan nilai r11 sebesar 0,987 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan proses sains telah memenuhi syarat instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Selain itu, angket yang diberikan untuk memperoleh tanggapan/komentar dari praktisi dan beberapa siswa terhadap instrumen yang dikembangkan sudah terpenuhi.
     |