Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Efektivtias
Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Penilaian Pembelajaran Matematika Terhadap
Motivasi dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilakkan terhadap siswa kelas IV A dan IV B SDN Pinang Ranti 02. Metode Penelitian yang digunakan adalah Eksperimen jenisya yaitu Quasi Eksperimental Design, populasi ini berjumlah 95 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 62 siswa yang dibagi menjadi dua bagian, dimana 32 siswa sebagai kelas kontrol dan 32 siswa lainnya sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar, untuk angket motivasi belajar sebanyak 40 item dengan 4 pilihan jawaban dan tes hasil belajar berupa pilihan ganda
sebanyak 50 soal dengan 4 pilihan jawaban. Uji validitas motivasi belajar menggunakan korelasi product moment untuk perhitungan setiap butir soal yang dinyatakan valid yaitu apabila rhitung lebih besar dan atau sama dengan rtabel (rhitung ≥ rtabel) diperoleh sebanyak 25 soal yang valid dan 15 soal yang tidak valid atau drop dan koefisien reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan n = 30 diperoleh diperoleh rhitung > rtabel maka data tersebut dapat dinyatakan reliable. Sedangkan uji
validitas instrumen tes hasil belajar menggunakan Korelasi Point Biserial untuk
perhitungan setiap butir soal yang dinyatakan valid yaitu apabila rhitung lebih besar dan atau sama dengan rtabel (rhitung ≥ rtabel) diperoleh sebanyak 30 soal yang valid dan 20 soal yang tidak valid atau drop dan koefisien reliabilitas menggunakan KR-20 diperoleh dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan n = 30 diperoleh rhitung > rtabel maka data tersebut dapat dinyatakan reliable. Lalu, data yang diperoleh dianalisis dengan dilakukan uji normalitas yang menggunakan Chi Kuadrat untuk Motivasi dan hasil Belajar Matematika
dari kelas Kontrol (Google Formulir) dan kelas eksperimen (Aplikasi Kahoot) dengan nilai n 32, dk sebesar 5 dan taraf siginifikansi α sebesar 0,05 diperoleh X²hitung < X²tabel dan dapat disimpulkan Ho diterima dapat disimpulkan sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher untuk motivasi dan hasil belajar diperoleh Fhitung< Ftabel, maka ho diterima dapat disimpulkan kelompok memiliki varian yang bersifat homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t untuk motivasi belajar diperoleh
𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikan 0,05. maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima. Dapat disimpulkan Penggunaan aplikasi Kahoot pada penilaian pembelajaran Matematika efektif meningkatkan motivasi siswa kelas IV. Uji hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji-t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikan, maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima. Dapat disimpulkan Penggunaan aplikasi Kahoot pada penilaian pembelajaran Matematika efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.
|