Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara penguasaan konsep dasar ipa terhadap literasi sains, (2) hubungan antara sikap ilmiah terhadap literasi sains, dan (3) hubungan antara penguasaan konsep dasar ipa dan sikap ilmiah terhadap literasi sains SDN Jatipulo 08 Pagi. Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatipulo 08 Pagi sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan performance test. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Chi kuadrat pada (1) penguasaan konsep dasar ipa diperoleh Xhitung 4,731 < Xtabel 12,592, (2) sikap ilmiah diperoleh Xhitung 6,205 < Xtabel 12,592, (3) literasi sains diperoleh Xhitung 7,966 < Xtabel 12,592 . Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji linieritas memperoleh persamaan regresi sederhana (1) hubungan penguasaan konsep dasar ipa terhadap literasi sains persamaan regresinya adalah Ŷ = 29,53 + 0,360 𝑋1 dengan memperoleh nilai Fhitung 82,46 > Ftabel 1,83 maka bersifat non linier. (2) hubungan sikap ilmiah terhadap literasi sains persamaan regresinya adalah Ŷ = 29,53 + 0,259 X2 dengan memperoleh nilai Fhitung 0,97 < Ftabel 1,83 maka bersifat linier. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hubungan signifikan antara penguasaan konsep dasar ipa terhadap literasi sains. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,307 > 0,254), (2) hubungan signifikan antara sikap ilmiah terhadap literasi sains. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,332 > 0,254), (3) hubungan signifikan antara penguasaan konsep dasar ipa dan sikap ilmiah terhadap literasi sains siswa di SDN Jatipulo 08 Pagi. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,413 > 0,254.