Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah hubungan habits of mind dan resiliensi siswa dalam pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMK Swasta di Kota Tangerang kelas XI semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 134 siswa sedangkan sampelnya sebanyak 100 siswa melalui teknik Slovin. Instrumen penelitian sebanyak 19 pernyataan habits of mind, 23 pernyataan resiliensi siswa dan 5 butir soal kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara habits of mind terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara resiliensi siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara habits of mind dan resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Besar kontribusi yang diberikan habits of mind dan resiliensi siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 73%.