Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan intrapersonal dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, self regulated learning dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecerdasan intrapersonal dengan self regulated learning. Metode pada penelitian ini menggunakan survey kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert. Populasi sebagai unit analisis penelitian adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa MA. Negeri 7 Jakarta yang berjumlah 195 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan Teknik propotional random sampling sebanyak 100 siswa. Bentuk uji coba berupa kuesioner dan soal bentuk uraian. Uji instrumen dengan uji validitas pada variabel kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 4 butir yang dinyatakan valid dari 4 butir yang diujikan, Variabel Kecerdasan intrapersonal terdapat 24 butir valid dari 32 butir yang diujikan, dan variabel self regulated learning terdapat 30 butir valid dari 30 butir soal yang diujikan. Uji persyaratan yakni uji normalitas dengan uji Lilliefors pada kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh Lhitung sebesar 0,081, kecerdasan intrapersonal Lhitung sebesar 0,081, dan self regulated learning Lhitung sebesar 0,088 serta uji linearitas regresi kemampuan pemecahan masalah matematis atas kecerdasan intrapersonal diperoleh probabilitas sig. 0,090, kemampuan pemecahan masalah matematis atas self regulated learning diperoleh probabilitas sig. 0.071, dan self regulated learning atas kecerdasan intrapersonal diperoleh probabilitas sig. 0,095. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi dan korelasi linear sederhana serta analisi jalur pada uji regresi dan korelasi sederhana untuk kemampuan pemecahan masalah matematis atas kecerdasan intrapersonal diperoleh nilai p value sebesar 0,000, kemampuan pemecahan masalah matematis atas self regulated learning diperoleh nilai p value sebesar 0,000 , dan self regulated learning atas kecerdasan intrapersonal diperoleh nilai p value sebesar 0,000. Pengaruh tersebut di uji dengan analisis jalur untuk kemampuan pemecahan masalah matematis atas kecerdasan intrapersonal diperoleh p sebesar 0,907, kemampuan pemecahan masalah matematis atas self regulated learning diperoleh p sebesar 0,970 , dan self regulated learning atas kecerdasan intrapersonal diperoleh p sebesar 0,917. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap kemapuan pemecahan masalah matematis, terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap self regulated learning dan terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap self regulated learning .