Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi kinemaster dan keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar siswa selama masa pandemi covid 19. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V di SDN Kelapa Dua Wetan 01 Pagi, Jakarta Timur yang berada dalam 3 kelas yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Data keterlibatan orang tua siswa diperoleh melalui angket yang disebarkan melalui aplikasi google form, skor penggunaan aplikasi kinemaster diperoleh dari rubrik kriteria penilaian produk berupa video yang telah dibuat siswa, sedangkan data penilaian hasil belajar diperoleh melalui tes dengan google form. Data dianalisis melalui teknik korelasi ganda dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi Pearson pada X12 adalah 0,891 dan nilai signifikansi yang digunakan adalah α = 0,05. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi kinemaster (X1) dan keterlibatan orang tua (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y).