Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model
pembelajaran Snowball Throwing dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar
PPKn siswa kelas V SDN Pejaten Barat 09 Pagi tahun pelajaran 2020/2021. Data
sampel yang digunakan adalah 60 siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif “Quasi Eksperimental Design”. Variable penelitian ini terdiri dari dua variable bebas yaitu model pembelajaran Snowball Throwing sebagai variable (X1), motivasi belajar siswa sebagai variable (X2), dan satu variable terikat yaitu hasil belajar PPKn sebagai variable (X3). Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V. (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V. (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Snowball Throwing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V.
|