Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan, karakeristik dan model desain Program Pembelajaran Individual (PPI) pada pembelajaran Matematika siswa di SDN Cipete Utara 15 Pagi Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan menggunakan desain Program Pembelajaran Individual (PPI) yang terdiri dari membentuk tim PPI, menilai kebutuhan anak, mengembangkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek, merancang metode dan prosedur pencapaian tujuan dan menentukan metode untuk menentukan kemajuan anak. Jumlah anak yang berkesulitan belajaran dan membutuhkan Program Pembelajaran Individual sebanyak 3 anak di kelas III SD. Hasil penelitian ini adalah peneliti memulai kegiatan dengan mencari akar persoalan yang sedang dialami oleh anak yang berkesulitan belajar. Dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam terhadap informan, peneliti menemukan informasi-informasi yang mendukung dalam pelaksanaan desain pembelajaran program pembelajaran individual. Selanjutnya peneliti mengembangkan desain pembelajaran atau Program Pembelajaran Individu (PPI) dengan merancang langkah pembelajaran direct instruction (pembelajaran langsung). Selanjutnya pembuatan PPI oleh peneliti yang kemudian divalidasi oleh tim validator. Hasil validasi kemudian diperbaiki dan menjadi sebuah produk baru yakni desain Program Pembelajaran Individual (PPI) yang mana menjadi acuan pendidik dalam membelajarkan anak-anak yang tergolong dalam berkesulitan belajar. Guru yang diberikan PPI ini harus bisa untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah agar dapat mencapai tujuan umum.