Tesis ini bertujuan untuk mengembangkan Rancangan Pembelajaran Inkuiri Terstruktur pada Mata Pelajaran IPA SD kelas IV Semester Genap Tahun
Pelajaran 2019/2020. Kurikulum 2013 guru dituntut kreatif dan inovatif dalam penyampaian kegiatan pembelajaran kepada peserta didik. Untuk mencapai hal yang diinginkan kurikulum 2013 diperlukannya langkah awal dalam pencapaian tersebut yaitu guru harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Pada kegiatan pembelajaran dengan RPP model Inkuiri terstruktur guru menyediakan rumusan masalah penyelidikan, bahan, dan prosedur, sedangkan hasilnya dicari oleh siswa sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran IPA dengan model Inkuiri Terstruktur Kelas IV SD semester genap, untuk mengetahui karakeristik RPP materi IPA SD Kelas IV semester genap dengan model Inkuiri Terstruktur dan untuk mengetahui RPP IPA SD Kelas IV semester genapdengan model Inkuiri Terstruktur produk pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Developmental Research) yaitu 4-D untuk membuat pencandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kemudian divalidasi oleh validator yang terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan RPP IPA SD Kelas IV semester genap dengan model Inkuiri Terstruktur dengan produk pengembangan terdiri atas materi siklus makhluk hidup yang dirancang dengan model inkuiri terstruktur mendapatkan penilaian yang sangat baik, gaya dan pengaruhnya yang dirancang dengan model inkuiri terstruktur mendapatkan penilaian yang sangat baik, energi dan perubahannya yang dirancang dengan model inkuiri terstruktur mendapatkan penilaian yang sangat baik. Ketiga materi tersebut dirancang pembelajarannya dengan model inkuiri terstruktur dan masuk dalam kategori sangat baik dan layak untuk digunakan oleh para pendidik dalam mengajar materi IPA khususnya.Langkah-langkah pengembangan RPP materi IPA SD Kelas IV semester genap dengan model Inkuiri Terstruktur adalah a) Planning (perencanaan), b) Retrieving ( mendapatkan informasi), c) Processing (memproses informasi), d) Creating (menciptakan informasi), e) Sharing (mengkomunikasikan informasi) dan f) Evaluating ( mengevaluasi).
|