Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi komunikasi persuasif guru dari persepsi siswa dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Matematika kelas VI di SDIT Kaifa dan SDIT Sholahuddin Bogor. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI pada SDIT Kaifa dan SDIT Sholahuddin di Bogor yang berjumlah keseluruhan 112 siswa. Sampel penelitian sebesar 88 responden. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif survey. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner komunikasi persuasif guru dan motivasi berprestasi siswa menggunakan skala linkert, sedangkan data hasil belajar matematika berasal dari hasil ujian sekolah siswa. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS Ver. 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komunikasi persuasif guru berkontribusi terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 30,6 %, (2) Motivasi berprestasi siswa berkontribusi terhadap hasil belajar Matematika dengan kontribusi sebesar 36,9 %, dan (3) Komunikasi persuasif guru dan motivasi berprestasi siswa bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar Matematika dengan kontribusi sebesar 38,8%. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan secara parsial maupun simultan terdapat kontribusi positif yang signifikan komunikasi persuasif terhadap hasil belajar matematika dan terdapat kontribusi positif yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika. Secara simultan terdapat kontribusi positif yang signifikan variabel komunikasi persuasif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI pada SDIT Kaifa dan SDIT Sholahuddin di Bogor.