Salah satu konsep pendidikan karakter selama pandemi Covid-19 adalah pembelajaran daring. Wabah Pandemi Covid – 19 telah menyebar di seluruh dunia sejak awal Januari 2020 dan semakin banyak negara terdampak di awal Maret 2020. Sampai saat ini bahkan masih terus terjadi peningkatan pada jumlah kasus Covid-19. Hampir tidak ada satupun negara yang bisa bersembunyi dari wabah Covid – 19 karena virus ini dapat menular dengan cepat terutama melalui pernapasan. Pada awalnya setiap hari peserta didik datang ke sekolah, memberi salam kepada guru, berkumpul dengan teman-temannya, namun kondisi saat ini sangat tidak mungkin dilakukan lagi di sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pandemi Covid-19 merubah pola pembelajaran dari yang biasanya melalui tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan melalui model interaktif berbasis dari Learning Management System
(LMS). Proses pendidikan karakter di sekolah harus dihubungkan dengan proses pendidikan di keluarga. Jika penerapan pendidikan karakter di sekolah hanya tentang interaksi antara peserta didik dengan guru di kelas dan sekolah, maka pencapaian berbagai karakter yang diharapkan akan sangat sulit dicapai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran daring Platform Ruangguru dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter mencakup kesiapan sekolah, tantangan, dan kendala pada pembelajaran daring selama wabah Covid-19 hingga pembelajaran yang diajarkan guru menjadi lebih efektif. Peneliti menggunakan metode penelitian studi kasus
dalam melaksanakan penelitian ini. Peneliti kemudian menganilisis (analisis) untuk merinci menurut keadaan/fenomena dari kondisi tertentu sesuai kasus. Catatan bisa didapat dari berbagai bentuk wawancara, observasi, atau analisis dokumen seorang peneliti. Catatan ini bisa berupa tulisan tangan, ketikan, rekaman audio atau komputer mikro yang bisa diubah dalam bentuk buku (laporan) untuk menjadi suatu jawaban penelitian. Jawaban dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran daring dengan Platform Ruangguru oleh Yayasan Yasporbi terkait kesiapan teknologi sekolah dan Platform ini membuka ruang bagi guru SDS Yasporbi III dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik. Penanaman
nilai karakter pada peserta didik menjadi lebih mudah dan bervariatif, sehingga guru termotivasi untuk menjadi pendidik yang aktif, kreatif, dan inovatif.
|