Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan Motivasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Malaka Jaya 11 tahun pelajaran 2020/2021. Data sampel yang digunakan adalah 60 siswa kelas IV.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif “Quasi Eksperimental Design”. Variable penelitian ini terdiri dari dua variable bebas yaitu model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) sebagai variable (X1), motivasi sebagai variable (X2), dan satu variable terikat yaitu pemahaman konsep matematika sebagai variable (X3). Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV. (2) terdapat pengaruh motivasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV. (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan motivasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV.
|