Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya Pengaruh Model Problem
Based Learning Dan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV Di SDI Teladan Yayasan Tarbiyah Islamiyah Al-Falah Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan sampel yang digunakan dari populasi terjangkau diambil 30 siswa sebagai sampel uji coba instrumen dan 60 siswa dari sampel penelitian kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data dilakukan pemberian tes hasil belajar Tematik. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya uji pra syarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan pada kelas eksperimen pada model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh nilai 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑛𝑛 0,0611. Sedangkan perhitungan pada kelas kontrol pada model pembelajaran Discovery Learning diperoleh nilai 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 0,1480. Dari kedua data yang diperoleh dengan 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 > 𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 0,0611, 0,1480 < 0,1618, maka kedua data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, Hasil perhitungan diperoleh 𝑓𝑓ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 0,85 < 𝑓𝑓𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 1,85 maka Ho diterima, artinya kedua data mempunyai varians yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 2,316 < 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 2,0021 pada 𝛼𝛼=0,05 maka demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV Di
SDI Teladan Yayasan Tarbiyah Islamiyah Al-Falah.
|