Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesiapan tenaga pendidik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan platform google classroom, memerinci kesiapan perangkat teknologi yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh menggunakan platform google classroom, menelaah kesiapan peserta didik dan orangtua dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh menggunakan platform google classroom, dan menilai keefektifan kebijakan pemangku jabatan SDS Islam At-Taqwa Rawamangun dalam menjalankan model pembelajaran jarak jauh platform google classroo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model penelitian studi kasus (case study) model Robert K.Yin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data/informan data penelitian ini yaitu Kasatlak Kecamatan Pulogadung, Pengawas Wilayah Binaan III Kecamatan Pulogadung, Ketua Bidang Pendidikan YMAKR, Pimpinan SDS Islam At-Taqwa Rawamangun, tenaga pendidik SDS Islam At-Taqwa Rawamangun, peserta didik SDS Islam At-Taqwa Rawamangun, dan orangtua/wali peserta didik SDS Islam At-Taqwa Rawamangun. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan model analisis kualitatif Miles dan Huberman yaitu reduksi data (merangkum dan memilah data-data yang pokok), penyajian data (uraian singkat, tabel), verifikasi (menarik kesimpulan awal). Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) kesiapan kemampuan tenaga pendidik di SDS Islam At-Taqwa dalam menggunakan platform google classroom dilakukan dalam bentuk pelatihan yang diberikan oleh sekolah, belajar secara mandiri, dan diskusi dengan sesama teman pendidik. (2) perangkat teknologi pendukung google classroom yang dimiliki oleh sekolah, tenaga pendidik dan peserta didik sangat mendukung untuk digunakan dalam pembelajaran menggunakan google classroom. (3) Kesiapan kemampuan peserta didik dalam penggunaan google classroom didukung oleh pendampingan dari guru, pendampingan dari orangtua, dan belajar secara mandiri. (4) kebijakan yang dikeluarkan oleh pimpinan sekolah memenuhi kriteria prosedural dan demokrasi. (4) kebijakan penggunaan google classroom sejalan dengan program dinas pendidikan dalam pemanfaatan fasilitas google suite for education (GSE) yang didalamnya terdapat aplikasi google classroom.