Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
Model Pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPA siswa dan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa di Kelas IV SD Islam Teladan Suci Jakarta Timur pada materi pokok bahasan energi bunyi.
Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan sampel penelitian
meliputi 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 40 soal. Sedangkan
Instrumen non tes berupa angket motivasi belajar sebanyak 40 item dengan pilihan jawaban dengan rentang 1-4 berdasarkan skala likert. Sebelum dianalisis, seluruh data motivasi belajar dan hasil belajar diuji prasyarat terlebih dahulu yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Uji normalitas dengan taraf signifikansi 𝛼𝛼 = 0,05 pada kelas eksperimen diperoleh X²hitung < X²tabel dan pada kelas kontrol diperoleh X²hitung < X²tabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas pada taraf signifikansi 𝛼𝛼 = 0,05 diperoleh Fhitung < Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelas sama atau homogen. Pengujian hipotesis untuk penggunaan model Group Investigation dengan menggunakan uji t-test dan diperoleh thitung 3,350 > 1,997 ttabel dengan taraf signifikansi 𝛼𝛼 = 0,05.Karena thitung > ttabel hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Group Investigation terhadap hasil belajar IPA siswa. Selanjutnya pengujian hipotesis untuk nilai motivasi belajar siswa pada awal sebelum pemberian perlakuan dengan
menggunakan uji t-test dan diperoleh thitung 2,816 > 1,997 ttabel dengan taraf signifikansi 𝛼𝛼 = 0,05. Karena thitung > ttabel hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Setelah itu dilakukan pengujian korelasi regresi untuk mengukur derajat hubungan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa dan dapat disimpulkan bahwa kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa adalah sebesar 13,69 %. Sehingga dapat disimpulkan motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar IPA siswa.
|