Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Di SDN Kebon Manggis 01. Metode yang digunakan pada penelitian ini Quasi Eksperiment Design yaitu Posttest-only control design. Populasi penelitian ini sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa yang menggunakan model problem based learning (pbl) dan 28 siswa yang tidak menggunakan model problem based learning (pbl). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 40 soal yaitu 20 soal kemampuan berpikir kritis dan 20 soal kemampuan berpikir kreatif matematis. Uji validitas instrumen menggunakan SPSS diperoleh 10 soal valid untuk kemampuan berpikir kritis dan 16 soal valid untuk kemampuan kreatif matematis. Uji reliabilitas tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan matematis siswa menggunakan SPSS diperoleh cronbach’s alpha kemampuan berpikir kritis 0,582 dan 0,485 termasuk kedalam kategori sedang. Sedangkan cronbach’s alpha kemampuan kreatif matematis 0,790 dan 0,667 termasuk kedalam kategori tinggi dan sedang. Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan. Uji hipotesis pertama menggunakan uji-t’ diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis t’hitung = 6,69 > nkt = 1,703 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 54, maka 𝐻𝐻0 ditolak dan 𝐻𝐻1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SDN Kebon Manggis 01. Uji hipotesis kedua menggunakan uji-t’ diperoleh hasil kemampuan kreatif matematis t’hitung = 7,55 > nkt = 1,703 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 54, maka 𝐻𝐻0 ditolak dan 𝐻𝐻1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan kreatif matematis siswa di SDN Kebon Manggis 01