Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cijantung 05 tahun ajaran 2020/2021. Dengan Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, B dan C Sekolah Dasar Negeri Cijantung 05. Sampel yang diambil yaitu siswa kelas IV A dan IV B berjumlah 60 siswa menggunakan cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian hasil belajar berupa soal essay dan angket motivasi belajar siswa. Analisis terdiri dari pengujian instrument selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji t dan ANOVA ada dua arah. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional tinggi hasil belajar yang mendapat perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Konvensional yaitu thitung (2,806) > ttabel (2,086), (3) pada kategori motivasi belajar hasil belajar yang mendapat perlakuan model pembelajaran Konvensional lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yaitu thitung (2,130) > ttabel (2,086), (4) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar Terhadap hasil belajar yaitu Fhitung (6,244) > Ftabel (3,230).