Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh penggunaan media video dalam pembelajaran jarak jauh terhadap minat dan hasil belajar siswa, (2) pengaruh pemberian tugas dalam pembelajaran jarak jauh terhadap minat dan hasil belajar siswa, (3) perbedaan pengaruh penggunaan media video dan pemberian tugas dalam pembelajaran jarak jauh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan menggunakan pretest-posttest. Popuulasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V di SDN Kebonagung, Mojokerto, Jawa Timur. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang memiliki jumlah siswa sebanyak 28 peserta didik di setiap kelas. Pengumpulan data penelitian melalui lembar angket dan tes pilihan yang akan diberikan melalui google form karena kegiatan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, selanjutnya akan di uji validasi dan reabilitas dengan menggunakan bantuan program SPSS version 26.0 dengan taraf signifikan 0,05. Olah data pada penelitian ini dengan menggunakan uji Paired samples t-test dan Regresi Linear. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) penggunaan media video memiliki pengaruh terhadap minat sebesar 66% dan 54% hasil belajar pada pelajaran PPKn kelas V di SDN Kebonagung (2) pemberian tugas memiliki pengaruh terhadap minat sebesar 61% dan 52% terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn kelas V di SDN Kebonagung (3) Penerapan media video dan pemberian tugas memiliki perbedaan pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa melalui pelajaran PPKn di kelas V SDN Kebonagung. Hal ini di tunjukkan dengan nilai 66% dan 54% bahwa media video memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa, sedangkan pemberian tugas memiliki pengaruh sebesar 61% dan 52% terhadap minat dan hasil belajar siswa.