Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi motivasi berprestasi
dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar (SD), baik itu secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan metode regresi linier berganda dengan pendekatan survei. Sampel penelitian ini sebanyak 165 siswa SD kelas V se-Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Teknik Pengambilan Sampel yaitu dengan menggunakan metode simple random sampling . Uji validitas instrument angket menggunakan Product Moment dengan hasil keseluruhannya valid. Uji Realibilitas angket menggunakan Korelasi Alpha Cronbach diperoleh nilai keduanya diatas 0,7 maka interprestasi keduanya termasuk tinggi.Uji Hipotesis menggunakan Analisis regresi linier berganda dengan spss 25 diperoleh nilai signifikasi 0,028 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka H1diterima H0 ditolak.Uji Hipotesis kedua Nilai signifikansi 0,799 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima. Uji Hipotesis ketiga nilai signifikansi 0,047 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka H1diterima H0 ditolak. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan data hasil prestasi belajar pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat kontribusi positif motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa.Namun secara parsial konsep diri siswa terhadap prestasi tidak terbukti berkontribusi. Dari hasil pengujian, indikator motivasi berprestasi yang berkontribusi tinggi terhadap prestasi belajar siswa. Dengan terbuktinya hasil penelitian tersebut, maka seyogyanya orangtua dan guru memberikan semangat dan motivasi untuk berperan serta secara aktif dalam pembelajaran daring pada masa pandemi ini.
|