Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
terhadaap hasil belajar IPS, pengaruh motivasi berprestasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS, dan mengetahui interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Rawaterate. Sampel yang diteliti sebanyak 2 kelas terdiri dari 32 siswa kelas IVA dan 32 siswa kelas IV B.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen
murni (true experiment) dengan rancangan desain 2x2 Faktorial, yaitu
membandingkan antara media gambar dan media video, motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah, serta analisis interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan adaah uji normalitas, Uji Homogenitas Varians, c. Uji Homogenitas Matrik Varians Kovarian, uji hipotesis. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi dapat memberikan pengaruh meningkatnya hasil belajar IPS Siswa kelas IV di SDN 02 Rawaterate. Deskripsi data: Nilai rata-rata pembelajaran dengan media gambar berprestasi tinggi 82,3, Nilai rata-rata pembelajaran dengan media gambar berprestasi rendah 68,7, Nilai rata-rata pembelajaran menggunakan video berprestasi tinggi 86,6, Nilai rata-rata pembelajaran menggunakan video berprestasi rendah 73,1. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media
pembelajaran terhadap hasil belajar IPS, terdapat pengaruh motivasi berprestasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS, dan terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Rawaterate. Dengan implikasi bahwa untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal guru harus memahami dan menggunakan berbagai media pembelajaran yang tepat.
|