Abstrak  Kembali
Pembelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. SDIT Al Qomar adalah sekolah yang telah membuktikan keberhasilannya dalam pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang strategi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik pada topik pecahan di SDIT Al Qomar Jakarta Barat. Mengetahui implementasi strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik pada topik pecahan di SDIT Al Qomar Jakarta Barat. Mendapatkan informasi tentang hasil belajar Matematika peserta didik pada topik pecahan di SDIT Al Qomar Jakarta Barat. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan ditemukam hasilnya. Analisis data dilakukan sejak atau bersamaan dengan pengumpulan data. Analisis data melalui kegiatan menganalisis dan membahas data dari temuan setiap kasus penelitian yang didasarlkan pada hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Qomar. Hasil penelitian menjelaskan bahwa rancangan strategi pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik pada topik bilangan pecahan adalah dengan menggabungkan berbagai strategi pembelajaran Matematika yaitu strategi Pembelajaran Langsung, Realistic Mathematic Education dan Cooperatif Learning. Penggabungan strategi pembelajaran Matematika tersebut tetap berpedoman pada kesesuaian dengan Kompetensi Dasar dan Tujuan dari pembelajaran. Dalam penyusunan strategi pembelajaran pendidik juga memilih media pembelajaran yang tepat. Dengan pemilihan media yang tepat maka proses pembelajaran yang berlangsung pun semakin menyenangkan dan bermakna. Benda-benda yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik digunakan sebagai media pembelajaran. Benda-benda tersebut antara lain: buah-buahan, kue dan kertas. Prinsip dalam pemilihan media pembelajaran adalah interaktifitas, fleksibilitas dan efektifitas dalam mencapai tujuan pembelajaran. Implementasi strategi pembelajaran Matematika di kelas merupakan hasil kesepakatan antara kepala sekolah dan pendidik kelas. Sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas terlebih dahulu pendidik melakukan koordinasi dengan kepala sekolah untuk dapat persetujuan menerapkan strategi pembelajaran yang telah disusun. Penerpan strategi pembelajaran Matematika yang digunakan pendidik kelas di SDIT Al Qomar berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata hasil ulangan harian peserta didik pada topik bilangan pecahan 83,82 di atas angka Krietria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan 75,00. Dengan demikian mengkombinasikan penerapan strategi Pembelajaran Langsung, Realistic Mathemathics Education dan Cooperatif Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik pada topik bilangan pecahan.