Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh
Komunikasi Guru dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi
Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa
kelas VI dari tiga Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pancoran pada semester
ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diteliti sebanyak 181 siswa.
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling with
replacement. Menggunakan metode survei korelasional. Uji validitas instrumen
dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji realibilitas dengan
rumus korelasi alpha cronbach angket motivasi berprestasi siswa didapat 15 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid, sedangkan uji realibilitas diperoleh nilai rhitung sebesar 0,804. Artinya tes memiliki reliabilitas yang tinggi. Uji validitas instrumen angket komunikasi guru didapat 16 soal yang valid dan 4 soal yang tidak valid, sedangkan uji realibilitas diperoleh nilai rhitung sebesar 0,805. Artinya tes memiliki reliabilitas yang tinggi. Uji validitas instrumen angket keterlibatn orang tua didapat 17 soal yang valid dan 3 soal yang tidak valid, sedangkan uji realibilitas diperoleh nilai rhitung sebesar 0,904. Artinya tes memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji REGRESI LINEAR BERGANDA. Uji hipotesis pertama diperoleh nilai sifnifikansi sebesar 0,774>0,05 dan nilai thitung =0,288< ttabel = 1,973 maka H1 ditolak, berarti tidak terdapat pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi berprestasi siswa. Uji hipotesis kedua diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan nilai thitung =4,402> ttabel = 1,973 maka H2 diterima, berarti terdapat pengaruh keterlibatan orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa. Uji hipotesis ketiga diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan nilai Fhitung =10,326> Ftabel = 3,05 maka H3 diterima, berarti terdapat pengaruh komunikasi guru dan keterlibatan orang tua secara simultan terhadap motivasi berprestasi siswa yaitu sebesar 10,4%.
|