Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pengaruh Latihan Soal HOTS dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Matematis Peserta didik Kelas V. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen di SD Global Prima Islamic School. Sampel yang akan diteliti sebanyak 33 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Purposive Sampling dengan metode Quasi Experimental Design. Uji validitas instrumen angket menggunakan Corelation Product Moment didapat 25 soal valid dan 5 soal drop, selanjutnya pengujian reliabilitas angket menggunakan Corelation Alpha Cronbach diperoleh rhitung = 0,94 dengan intepretasi sangat tinggi. Sedangkan uji validitas instrumen test menggunakan Corelation Point Biserial didapat 20 soal valid dan 5 drop, selanjutnya pengujian reliabilitas test menggunakan Kuder Richardson 20 diperoleh rhitung = 0,82 dengan intepretasi sangat tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalur, dengan pengujian hipotesis 1 diperoleh data Fhitung = 6,53 > Ftabel = 4,18, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Uji hipotesis 2 diperoleh data Fhitung = 42,36 > Ftabel = 4,18. maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Uji hipotesis 3 diperoleh data Fhitung = 0,24 < Ftabel = 4,18, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh latihan soal HOTS terhadap kemampuan matematis peserta didik kelas V, 2) terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan matematis peserta didik kelas V, 3) tidak terdapat interaksi antara pemberian latihan soal HOTS dan minat belajar terhadap kemampuan matematis peserta didik kelas V.