Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara mendalam
tentang implementasi Kurikulum 2013 pada Program Belajar Dari Rumah
(BDR) di SD Negeri Rawa Boni III, Kabupaten Tangerang. Permasalah
penelitian ini meliputi bagaimana evaluasi kontek, evaluasi input, evaluasi
proses, dan evaluasi produk.
Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP yang mencangkup
evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Metode
yang digunakan metode penelitian kualitatif. Teknik dan instrumen data yang
digunakan adalah tringulasi data yaitu observasi, wawancara, dan studi
dokumen. Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data menggunakan model
Milles and Huberman aktivitas yang diguankan yaitu data reduksi, data display
dan kesimpulan.
Temuan evaluasi ini menjelaskan bahwa, evaluasi kontek pada
implementasi Kurikulum 2013 pada Program Belajar Dari Rumah (BDR) di SD
Negeri Rawa Boni III, terdapat visi dan misi sekolah yang berkaitan dengan
implementasi Kurikulum 2013, Arahan kebijakan dari pemerintah, dan
Kurikulum 2013 yang digunakan dalam Program Belajar Dari Rumah (BDR).
Evaluasi input dikaji bahwa SD Negeri Rawa Boni III, memiliki fasilitas yang
mendukung pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 pada Program Belajar
Dari Rumah (BDR), serta Sumber Daya Manusia (SDM) baik internal sekolah
maupun eksternal sekolah. Evaluasi proses di SD Negeri Rawa Boni III, dalam
implementasi program Sekolah Sehat memiliki perencanaan, pelaksanaan dan
penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 pada Program Belajar Dari Rumah
(BDR). Selanjutnya evaluasi produk yang dihasilkan prestasi yang unggul baik
dalam akademik maupun non akademik, serta adanya penanaman nilai karakter
|