Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar animasi berbasis matematika realistik pada materi FPB dan KPK untuk kelas IV SD untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi FPB dan KPK sehingga meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang di adaptasi dari model Borg & Gall.Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDS Muhammadiyah 24. Tahapan penelitian yaitu desain produk, validasi ahli, revisi desain, dan tahap ujicoba. Tahapan uji coba produk terdiri dari dua tahapan yaitu tahap uji coba kelompok kecil dengan jumlah subyek 6 siswa. Dan tahap uji coba lapangan sebanyak 2 kelas yaitu kelas IVA dan IVB sebanyak 60 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik deskriptif presentase, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Produk penelitian ini berupa software dengan mengaplikasikan Microsoft Powerpoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata validasi ahli yaitu: 1) Validasi ahli materi/Isi persentase 85,29% dalam kriteria valid. 2) Hasil validasi ahli desain bahan ajar dalam kriteria valid dengan persentase 91,25%.3) Hasil validasi ahli bahasa bahan ajar dalam kriteria valid dengan persentase 92,8%. 4) Hasil validasi guru matematika bahan ajar dalam kriteria valid dengan presentase 90,9%. Hasil uji coba kelompok kecil dengan sampel 6 siswa bahan ajar dalam kriteria menarik dengan persentase 85,4%. Hasil uji coba lapangan dengan 2 kelas sebagai kelas eksperimen bahan ajar dalam kriteria menarik dan layak digunakan dengan persentase 89%. Bahan ajar animasi berbasis matematika realistik terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa ditunjukkan dengan uji-t signifikansi 5% diperoleh thitung 5,97 > ttabel 1,66. Kesimpulannya pengembangan bahan ajar animasi berbasis matematika realistik telah mempermudah siswa dalam mempelajari materi KPK dan FPB serta berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa.