Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapat
Perbandingan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada
Pembelajaran IPA Kelas V di SDN dan SDS Binaan IV Kecamatan Kramat Jati.
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V di tiga SDN dan tiga SDS Binaan
IV Kecamatan Kramat Jati. Sampel yang diteliti sebanyak 86 siswa SDN dan 83
siswa SDS. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Cluster Sampling dengan
metode Kausal Komparatif. Instrumen berupa skala sikap dan tes keterampilan
berpikir tingkat tinggi. Skala sikap sebanyak 21 item dan tes berupa pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan 4 pilihan jawaban. Uji validitas instrumen skala sikap menggunakan Product Moment. Koefisien reliabilitas skala sikap menggunakan Korelasi Alpha Cronbach dipeoleh nilai rhitung sebesar 0,863 artinya sangat tinggi. Uji validitas instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi menggunakan Point Biserial. Uji reliabilitas tes menggunakan KR20 diperoleh nilai rhitung sebesar 0,910 artinya sangat tinggi. Uji hipotesis untuk sikap ilmiah menggunakan Uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 2,231 > 1,654 thitung pada taraf signifikansi α = 0,05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sikap ilmiah siswa SDN dan SDS. Uji hipotesis untuk tes keterampilan berpikir tingkat tinggi menggunakan Uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 2,222 > 1,654 thitung pada taraf signifikansi α = 0,05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SDN dan SDS.
|