Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran di SMK Al-Hidayah 1 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Dengan menggunakan metode Kualitatif Deskriptif, Subyek utama dalam penelitian ini adalah Guru SMK Al-Hidayah 1 Jakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan bulan November hingga Juni 2021. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber. Hasil Penelitian ini menunjukkan implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran di SMK Al-Hidayah 1 Jakarta secara umum terlihat sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil Evaluasi menujukkan bahwa : (a) Komponen context yang mempunyai visi misi serta tujuan sekolah sesuai dengan tujuan pendidikan multikultural, (b) Komponen input, yang sudah sangat sesuai dengan apa yang seharusnya, (c) Komponen Proses, Pelaksanaan pendidikan multikultural yang sudah sangat baik, (d) Komponen Hasil, Peserta didik yang merupakan salah satu indikator keberhasilan yang sangat terlihat pada pelaksanaan pendidikan multikultural, karena menurut para guru sudah adanya perubahan besar kearah positif pada peserta didik.