Abstrak  Kembali
ABSTRAK RUSLI JACUB. Pengaruh Pengalaman Kerja Kepala Sekolah dan Efektivitas Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja kepala sekolah dan efektivitas kepemimpinanya terhadap kinerja guru pada SMK Negeri se- Kota Ternate. Hipotesis yang di uji adalah, (1) Terdapat pengaruh langsung positif pengalaman kerja kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) Terdapat pengaruh langsung positif efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (3) Terdapat penguruh langsung positif pengalaman kerja kepala sekolah terhadap efektivitas kepemimpinanya. Untuk uji coba instrumen sampel yang digunakan sebanyak 30 orang guru, yang diambil diluar sampel penelitian dari sisa populasi 95 dari 230 setelah diambil 135 sebagai sampel penelitian. Uji coba dilakukan untuk mengukur tingkat validitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan mengukur tingkat reliabilitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel kinerja guru rhitung = 0,938 > rtabel = 0,361, untuk variable pengalaman kerja kepala sekolah rhitung = 0,969 > rtabel = 0,361, dan untuk variable efektivitas kepemimpinanya rhitung = 0,952 > rtabel = 0,361. Berdasarkan pada hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa item-item pada semua variable dinyatakan reliabel. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama variable pengalaman kerja kepala sekolah berpengaruh terhadap variabel kinerja guru ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar Fhitung = 41,38 > Ftabel = 3,91. Sumbangan pengalaman kerja kepala sekolah sebesar 23,67 %, sementara 76,33 % lainnya ditentukan oleh variabel diluar penelitian. Kedua variabel Efektifitas kepemimpinan berpengaruh terhadap variabel kinerja guru ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar Fhitung =16,01> Ftabel = 3,91. Sumbangan efektifitas kepemimpinan sebesar 10,81 %, sementara 89,19 % lainnya ditentukan oleh variable diluar penelitian. Ketiga variabel pengalaman kerja kepala sekolah berpengaruh terhadap variabel efektifitas kepemimpinan pada SMK Negeri se-Kota Ternate ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 7,60> Ftabel = 3,91. Sumbangan pengalaman kerja kepala sekolah sebesar 5,43 %, sementara 94,57 % lainnya ditentukan oleh variabel diluar penelitian. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengalaman kerja kepala sekolah dan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan kinerja guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sebuah sekolah yang memiliki prestasi dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.