Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan
program tahfidz AL Qur’an, prosedur penyelenggaraan, ketenagaan, sarana dan prasarana, proses pembelajaran tahfidz, tahsin, hasil dan dampak pelaksanaan program tahfidz Al Qur’an di Pesantren Al I’tishom tingkat SMP Islam Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (context, input, proses, produk). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari Pembina dan pengasuh Pesantren Al I’tishom, Kepala Sekolah, Kepala Bidang Tahfidz, Koordinator Keputrian, siswa/ siswi atau santri dan orangtua santri. Teknik analisis data dengan reduksi (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) landasan filosofis, tujuan program tahfidz dalam kategori baik. (2) Kepemimpinan Pembina dan Pengasuh, Kepala Sekolah, Kepala Bidang Tahfidz dan Koordinator Keputrian, karakteristik tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pembiayaan dalam kategori baik. (3) Proses belajar mengajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dalam keadaan baik. (4) Hasil pelaksanaan program tahfidz Al Qur’an dalam kategori baik. Kelebihan dari program tahfidz Al
Qur’an di SMP I Al I’tishom ialah menjadi program unggulan dan memiliki
program takhosus 30 juz.
|