Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan
Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Disiplin Guru SD Negeri Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Hipotesis penelitian; (1) Terdapat pengaruh langsung dan positif Supervisi Kepala Sekolah terhadap Disiplin Guru, (2) Terdapat pengaruh langsung dan positif Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Disiplin Guru, (3) Terdapat pengaruh langsung dan positif Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasi dan populasi terdiri dari 185 guru di SD Negeri Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat, pada 5 sekolah SD Negeri di Kecamatan Tanah Abang, dipilih dengan proporsional random sampling, dengan jumlah 126 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk mengukur Supervisi
Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru dan Disiplin Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap disiplin guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan persamaan regresi X3 = 47,461 + 0,697 X1. Berdasarkan hasil perhitungan rumus product moment, koefisien korelasi r13 = 0,704 dan koefisien jalur p31 = 0,399 pada ἀ= 0,05 artinya dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif Supervisi Kepala Sekolah terhadap Disiplin
Guru, dengan koefisien determinasi sebesar rē13 = 0,495. Hal ini berarti sebesar 49,5% variasi disiplin guru X3 dipengaruhi oleh supervisi kepala sekolah X1. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Disiplin Guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan persamaan regresi X3 = 36,768 ditambah 0,888 X2. Berdasarkan hasil perhitungan rumus product moment, koefisien korelasi r23 = 0,714 dan koefisien jalur P32 = 0,432 pada ἀ = 0,05 artinya dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Disiplin Guru, dengan koefisien determinasi sebesar rē23 = 0,509. Hal ini berarti sebesar 50,9% variasi disiplin guru X3 dipengaruhi oleh Kompetensi Pedagogik Guru X2. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan persamaan regresi X2 = 40,638 + 0,558 X1. Berdasarkan hasil perhitungan
rumus product moment, koefisien korelasi r12 = 0,701 artinya dapat dikatakan koefisien jalur p21 = 0,701 pada ἀ = 0,05, bahwa terdapat pengaruh positif supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, dengan koefisien determinasi sebesar r2 12 = 0,491. hal ini berarti sebesar 49,1% variasi Kompetensi Pedagogik Guru X2 dipengaruhi oleh Supervisi Kepala
Sekolah X1. Berdasarkan temuan penelitian di atas disiplin guru dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru. Hal ini bahwa kedua variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor penentu yang bermakna.
|