Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi dari implementasi program menghafal Al-Qur’an Taman Kanak-kanak di Al Lathief Tambora – Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif deskriftif yaitu dengan mendapatkan data secara alami, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada para pihak terkait dalam program tersebut sebagai informan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan temuan-temuan dan pembahasan hasil evaluasi program menghafal Al-Qur’an dengan model CIPP yang meliputi konteks (context), masukan (input), proses (process) dan produk (product) maka peneliti menyampaikan kesimpulan secara keseluruhan hasil evaluasi program ini memperlihatkan implementasi yang cukup baik dengan tercapainya target hafalan yang ditentukan yaitu menghafal surah An Naas - Al Maun, An Nadziat dan An Naba mampu dihafal oleh siswa/siswi walaupun belum mencapai 100% sesuai target yang diharapkan. Diharapkan adanya perbaikan dan usaha meningkatkan aspek yang menghambat program tersebut seperti Sarana dan prasarana dengan penambahan ruang kelas dan pengadaan fasilitas yang digunakan saat pembelajaran, SDM yaitu Kepala sekolah, Guru,
Siswa dan orang tua perlu adanya komunukasi yang aktif, Metode yang digunakan dalam pembelajaran lebih bervariasi, dan Supervisi yang belum terjadwal sebaiknya lebih terprogram dengan membuat jadwal terencana.
|