Abstrak  Kembali
ABSTRAK Hasnah, Hubungan Kepemimpinan dan Profesionalitas Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Pada Kecamatan Koja Jakarta Utara. Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Magister Administrasi Pendidikan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Pokok permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan bahwa akibat kepemimpinan yang belum sesuai, rendahnya kepuasan kerja guru dan kurangnya profesionalitas kepala sekolah akan berimplikasi terhadap rendahnya kualitas pelayanan guru terhadap pengguna jasa yang pada gilirannya hilangnya rasa puas oleh pengguna jasa itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan: Berdasarkan uji-t, variabel Kepemimpinan (X1) berhubungan positif dan signifikan dengan Kepuasan Kerja (Y), hal ini dapat dilihat dari nilai Uji ?t dimana nilai t-hitung lebih kecil dari nilai t-tabel dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 5% (? = 0,05). Demikian juga variabel Profesionalitas berhubungan positif dan signifikan dengan Kepuasan Kerja, hal ini dapat dilihat dari nilai Uji ?t dimana nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 5% (? = 0,05). Berdasarkan uji-F, variabel Kepemimpinan (X1) dan Profesionalitas (X2) secara bersama-sama berhubungan positif dan signifkikan dengan Kepuasan Kerja (Y), hal ini dapat dilihat dari nilai Uji-F dimana nilai Fhitung lebih kecil dari nilai Ftabel dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 5% (? =0,05). Dari hasil koefisien korelasi r = 0,373, artinya hubungan antara variable Kepemimpinan (X1) dan Profesionalitas (X2) sangat erat dan searah (korelasi positif) sebesar 3,73%. Dari hasil koefisien korelasi r diperoleh koefisien Determinasi (R2 = 0,139). Hasil ini secara statistik sangat signifikan artinya 1,39% secara bersama-sama dapat menjelaskan hubungan dari variabel Kepemimpinan (X1) dan Profesionalitas (X2) terhadap variabel Kepuasan Kerja (Y). Saran-saran: 1. Dalam meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koja Jakarta Utara hendaknya selalu memperhatikan kepemimpinan dan Profesionalitas Kepala Sekolah. 2. Agar kepala sekolah terus menerus berupaya untuk memberikan meningkatan profesionalitasnya sehingga dengan sadar secara bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebagai indikator variabel Kepuasan Kerja Guru. 3. Diharapkan dilakukan penelitian lanjutan yang mengkaji masalah-masalah Kepuasan Kerja Guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan menggunakan berbagai variabel bebas lainnya. Kata Kunci: Hubungan Kepemimpinan dan Profesionalitas Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja guru.