Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan Mutu Pendidikan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Laerning Terintegrasi STEM di Al Azhar Syifa Budi Jakarta. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pimpinan di SMP Al Azhar Syifa Budi Jakarta dan perwakilan perserta didik kelas 7.1, 7.2, dan 7.3 bidang tersebut mengkaji tentang mutu pendidikan melalui model pembelajaran problem based learning terintegrasi STEM. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mutu pendidikan di SMP Al Azhar Syifa Budi Jakarta dengan model pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi STEM dikaji berdasarkan pengimplementasiannya yaitu perserta didik lebih aktif, inovatif, kreatif dan berfikir kritis ini menujukan pekembangan diri bagi perserta didik malalui model pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi STEM perserta didik dapat belajar dengan project mandiri yang menyesuaikan bakat dan minat belajar sehingga dalam pembelajaran lebih menyenangkan membuat perserta didik lebih aktif, komunikatif dan kreatif ini Langkah yang bagus dalam mencapai tujuan pembelajaran. Membiasakan perserta didik membuat project mandiri ini sebuah tantangan bagi guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan perserta didik berperan aktif. Dalam merencanakan suatu model pembelajaran para pimpinan dan guru perlu berkoordinasi dan merancang secara sistematis sehingga perserta didik dapat kemudahan dalam megerjaskan suatu project untuk memudahkan guru dalam penilaian perserta didik. Diharapkan bagi para pimpinan dan guru diberikan pelatihan untuk dapat mengembangkan suatu model pembelajaran dan guru dapat menguasai pegetahuan yang lebih juga memiliki kreatifitas yang bagus sehingga ini dapat diaplikasikan oleh para perserta didik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran dalam pendidikan disekolah.