Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Program Metode Pembelajaran Sentra di TK Islam Kinasih kecamatan Pinang Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memahami evaluasi program metode sentra yang dilakukan di TK Islam Kinasih Tangerang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi secara holistik dan dengan cara deskriptif. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi program metode sentra penggunaan media dan metode pembelajaran pada sentra ini di desain menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Penelitian ini terdiri dari empat kali. Responden yang diteliti berjumlah 51 anak. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Analisis penelitian menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan berbagai sumber dan metode. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru di TK Islam Kinasih Tangerang. Evaluasi pembelajaran menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan rating scale. TK Islam Kinasih menggunakan dua kurikulum yaitu KTSP dan K-13 yang diintegrasikan pada nilai-nilai ke Islaman. Penelitian tentng iplementasi penggunaan metode pembelajaaran sentra di TK Kinasih sudah berjalan dengan cukup lama dan menuju standar yang sesuai. Keberhasilan implementasi penggunaan metode sentra itu dikarenakan guru-guru TK Islam Kinasih yang kreatif, inovatif dan menguasai kemampuan pedagogiknya terutama niat serta keinginan ingin berubah kearah yang lebih baik dalam hal pembelajaran sentra, namun hal tersebut juga didukung oleh orang tua murid serta sarana dan prasarana yang semakin meningkat sehingga metode pembelajaran sentra merupakan metode yang cocok digunakan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).