Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil implementasi Kurikulum 2013 di MI Al khairiyah Pagi dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Madrasah MI Al Khairiyah Pagi, wakil bidang kesiswaan, Kepala Tata Usaha, Guru, Komite Madrasah, Orang tua Peserta didik, dan Peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konteks dalam implementasi Kurikulum 2013 di MI Al Khairiyah Pagi sudah jelas visi, misi, tujuan, program kerjanya. Input dalam implementasi Kurikulum 2013 terlihat beberapa guru dan karyawan yang latar belakang pendidikannya tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Proses dalamm Implementasi Kurikulum 2013 belum memperlihatkan hasil yang diharapkan. Hal itu terlihat dari belum maksimalnya pendekatan saintifik dilaksanakan dalam proses pembelajaran, penerapan GLS, penyusunan instrument dan rubrik penilaian, penyusunan soal berbasis HOT Skill. Produk dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MI Al Khairiyah Pagi sudah berjalan baik, sesuai prosedur walaupun belum optimal, baik dari segi aspek peserta didik maupun guru. Adapun kendala yang dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MI Al Khairiyah Pagi meliputi kendala yang berasal dari pemerintah, guru, institusi, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Adapun strategi untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan perbaikan tata kelola atau manajemen sekolah dengan lebih baik lagi. Diharapkan bagi institusi untuk memperbaiki sistem manajemen madrasah agar Implementasi Kurikulum 2013 di MI Al Khairiyah Pagi mampu menunjukkan hasi yang optimal. Di samping itu, diharapkan institusi terus memberikan pembekalan, motivasi, dan pelatihan kepada semua guru agar dapat menerapkan Kurikulum 2013 dengan baik sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.