Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Sirojul Athfal Kecamatan Parung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriftif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada madrasah. Metode pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepala madrasah, bagian kurikulum, kesiswaan, dewan guru, perwakilan siswa orang
tua dan alumni. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Sirojul Athfal Kecamatan Parung adalah dengan adanya keterlibatan semua stakeholder dan pemberdayaan karyawan, menetapkan jaminan mutu dan standar mutu, serta membentuk kerjasama tim dan pelaksanaan program unggulan, Implementasi TQM dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah yaitu dengan cara perbaikan secara terus menerus, serta
mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Faktor penghambat dalam proses pelaksanaan TQM berada pada administrasi dalam pelaksanaan ekstrakulikuler dan wali murid yang belum memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap pendidikan, dikarenakan factor pendidikan wali murid yang masih rendah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan TQM semua stakeholder ataupun element masyarakat setuju dalam peningkatan mutu pendidikan dan banyak wali murid yang memiliki penilaian baik dan bersifat mendukung
setiap program-program yang ada. Rencana pengembangan TQM bisa dengan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk bisa mengikuti diklat atau pelatihanpelatihan
baik secara intern maupun ekstern.
|