Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi pengawas secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru Sekolah Dasar di KecamatanMampang Prapatan Jakarta Selatan. Penelitian dilaksanakan pada Sekolah Dasar di Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian berjumlah 136 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling, diperoleh jumlah sampel 101 guru. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian validitas dan reliabilitas, pengujian normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas dan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan denganmenggunakan analisis regresi, linearitas dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 20,424 + 0,780X1 yang linear dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung adalah 119,999 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kedua, terdapat hubungan positif antara variabel supervisi pengawas dengan motivasi kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 28,500 + 0,685 X2 yang linear dan signifikan. Hal ini dibuktikan nilai F hitung adalah 95,614 dengan tingkat signifikansi 0,000. Ketiga, terdapat hubungan positif antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi pengawas secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 3,870 + 0,524X1 + 0,385X2 yang signifikan. Hal ini dibuktikan nilai F hitung adalah 88,797 dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai signifikansi kurang dari 0,05, berarti menunjukkan bahwa hubungan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi pengawas secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru tersebut siginifikan.