Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar Swasta Widuri Indah 2 Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model CIPP. Teknik analisis data yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, waktu, dan teknik. Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa dana BOS sangat bermanfaat untuk sekolah, orang tua, siswa dan pihak-pihak terkait. Pelaksanaan dana BOS tahun 2019 oleh lembaga sekolah SDS Widuri Indah 2 Jakarta Barat, telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang dibuat hasil penelitian telah mengungkapkan masih terdapat beberapa kelemahan yang kiranya perlu mendapatkan perhatian sekaligus pengelolah dana BOS. Hasil evaluasi ternyata BOS telah terungkap bahwa dana BOS tahun 2019 lebih banyak digunakan untuk kegiatan siswa, bahan praktik, ATK, pelaksanaan ujian-ujian dan sedikit membeli alat peraga. Seluruh pengelola dana BOS di SDS Widuri Indah 2, saling berkoordinasi untuk mengimplementasikan dana yang didapat untuk keperluan-keperluan yang tidak dibiayai oleh yayasan. Laporan pertanggung jawaban dibuat dengan rapi dan terurut sesuai petunjuk teknis bantuan operasional sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bantuan operasional sekolah (BOS) bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
|