Abstrak  Kembali
Penulisan ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. (2) Untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kepuasan kerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. (3) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Se-Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Populasi penelitian ini adalah Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur yang berjumlah 200 orang, melalui rumus Slovin diperoleh diperoleh sampel sebanyak 133 orang. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey jenis expost facto dengan membagikan kuesioner (angket) kepada Guru yang telah teruji validitas reliabilitasnya sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif, Uji T-Test dan Uji F-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0.328. (2) Iklim sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,762. (3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap iklim sekolah ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,202.