Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), yang dilakukan oleh guru SDIT Ar Ridho Tangerang sampai saat ini belum menunjukkan peningkatan keberhasilan, hal ini disebabkan oleh
kurangnya mutu pembelajaran dikarenakan adanya permasalahan kualifikasi dan kompetensi guru. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam supervisi kepala sekolah serta bagaimana supervisi akademik dilaksanakan, sehingga dapat melakukan tindak lanjut / upaya perbaikan implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Pengelola, pengawas sekolah, dan Guru SD. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik yang telah dilakukan kepala sekolah sesuai dengan referensi dari beberapa
ahli. Hambatan-hambatan yang dihadapi telah ditempuh dengan penyelesaian masalah dan diadakan tindak lanjut program, diantaranya pada aspek perencanaan,melalui intrument supervisi dan program bimbingan GTK SD, pelaksanaan supervisi dilaksanakan bersifat klinis, dan evaluasi kepala sekolah
dengan peningkatan mutu pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru SD pada penyusunan program pembelajaran, pelaksanaan KBM, pelaksanaan penilaian pembelajaran, dan pada aspek tindak lanjut, diadakan program peningkatan kompetensi guru SD melalui diklat teknis, dan peningkatan kompetensi
kepala sekolah melalui program penguatan kepala sekolah. Diharapkan Dinas Pendidikan agar meningkatkan koordinasi, kerjasama dan pembinaan ke
lembaga pendidikan terutama Untuk kepala sekolah agar meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang menunjang pelaksanaan tugas dan peran kepala sekolah. Untuk guru-guru SD agar dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam peningkatan mutu pembelajaran. Untuk peneliti lain agar dapat menindaklanjuti penelitian ini lebih mendalam.
|