Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan
Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri Se-Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey dengan
pendekatan kausal. Jumlah populasi dalam penelitian ini 171 orang, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 120 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi : 3 ˆX = 35.142 + 0.705X1. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung = 241.08 > dari F tabel = 3.92 pada taraf signifikan 5%, dengan koefisien korelasi (r13) = 0.819, koefisien determinasi = 67.08%, yang menunjukkan sumbangan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dan koefisien jalur (ϸ31) = 0.546. Kedua, Terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi guru terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi : 3 2 Xˆ = 46.189 + 0.699X . Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung= 174.74 > dari F tabel = 3.92 pada taraf signifikan 5%., dengan koefisien korelasi (r23) = 0.773, koefisien determinasi = 59.75%, yang menunjukkan sumbangan motivasi berprestasi guru terhadap kepuasan kerja guru, dan koefisien jalur (ϸ32) = 0.381. Ketiga, Terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan
transformasional kepala sekolah terhadap motivasis berprestasi guru, dengan
persamaan regresi : 2 1 Xˆ = 24.061+ 0.682X . Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan Fhitung = 124.88>dari Ftabel = 3.92 pada taraf signifikan 5%, dengan koefisien korelasi (r12)=0.717, koefisien determinasi = 51.41%, yang menunjukkan sumbangan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, dan koefisien jalur (ϸ21) = 0.717. Penelitian ini mempuyai implikasi yaitu :1. Akan berdampak positif terhadap
motivasi berprestasi guru, bilamana kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dapat ditingkatkan menjadi kepemimpinan transformasional yang lebih baik dan terarah, sehingga kepuasan kerja guru di SD Negeri Se-Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor juga meningkat,2.Akan berdampak positif bilamana terdapat peningkatan atau perbaikan motivasi berprestasi guru terhadap kepuasan kerja guru di SD Negeri Se-Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, dan 3. Akan berdampak positif terhadap motivasi berprestasi guru bilamana ada peningkatan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah kearah yang lebih baik lagi yaitu gaya kepemimpinan transformasional yang dapat meningkatkan kepuasan kerja dan dapat menyelesaikan
masalah dalam situasi dan kondisi apapun.
|