Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Prgram Praktik Kerja lndustri Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model CIPP ( context, input, procces, product) yang berfokus pada (1) Bagaimana implementasi konteks pogram praktik kerja lapangan/praktik kerja industri khususnya di Sekolah Kejuruan Negeri 8 Tangerang. (2) Bagaimana kesesuaian standar input sekolah dengan standar program Praktik Kerja Lapangan/Praktik Kerja lndustri (3) Bagaimana kesesuaian proses di sekolah dengan standar program Praktik Kerja Lapangan/Praktik Kerja lndustri ( 4) Bagaimana produk program Praktik Kerja Lapangan/Praktik Kerja lndustri dari segi keberhasilan? Sebagai informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Hubungan Industri, Guru mata pelajaran produktif/Kepala Program Jurusan, peserta PKL/Prakerin, guru pembimbing peserta prakerin, dan pembimbing industri. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Proses pencatatan dan pengambilan data dilakukan oleh peneliti melalui pengamatan langsung dan telaahan data berupa dokumen, foto-foto, rekaman suara hasil wawancara dengan para informan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ( 1) Pelaksanaan Program Praktik Kerja Lapangan/Praktik Kerja lndustri pada kompetensi keahlian Teknik Mekatronika merupakan suatu pogram kegiatan yang menunjang ketercapaian visi dan misi sekolah. (2) Peserta PKL/Prakerin Keahlian Teknik Mekatronika melaksanakan Praktik Kerja Lapangan/Praktik Kerja lndustri dengan baik karena adanya perencanaan yang matang (3) kesesuaian tempat Praktik Kerja Lapangan / Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Mekatronika belum sepenuhnya terealisasi . ( 4) Perolehan nilai hasil Praktik Kerj a Lapangan/Praktik Kerja lndustri cukup memuaskan.