Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter dalam meningkatkan mutu lulusan di SDN Angke 06 Pagi Tambora dengan memfokuskan tiga pendekatan utama, yaitu Pendidikan Karakter Berbasis Kelas, Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah, dan Pendidikan Karakter Berbasis Partisipasi Masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan
menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari Pengawas, Kepala Sekolah, ,guru bidang kesiswaan, walikelas, guru mapel, Pembina ekstrakurikuler, perwakilan siswa kelas 4, 5, 6, perwakilan orang tuasiswa, perwakilan komite, perwakilan masyarakat sekitar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Pendidikan Karakter di SDN Angke 06 Pagi Tambora berjalan efektif dan telah memenuhi standa rkriteria, namun
terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatkan, dalam Pendidikan Karakter Berbasis Kelas, masih perlu ditingkatkan lagi karena masih ada guru yang belum maksimal dalam pembelajaran yang sesuai dengan perangkat pembelajarannya. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah, masih perlu ditingkatkan dalam tata tertib siswa yang masih kurang tingkat kedisiplinannya, perlu adanya suatu penerapan sistem point sebagai pengukur tingkat kedisiplinan siswa, dan untuk budaya pembiasaan di sekolah sudah terintegrasi nilai-nilai Pendidikan Karakter perlu diperhatikan lagi agar menjadi kewajiban mutlak seluruh warga sekolah. Pendidikan Karakter Berbasis Partisipasi Masyarakat, masih dalam proses peningkatan, karena sekolah masih minim dalam kemitraan dengan masyarakat.
|