Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk melihat kesesuaian antara kompetensi pedagogik guru dengan standar pendidikan nasional serta mengetahui hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik guru di SDN Karang Tengah 4. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua murid. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat kesesuaian kompetensi guru di SDN Karang Tengah 4 kecamatan Karang Tengah dengan Standar Pendidikan Nasional sudah cukup sesuai namun ada beberapa faktor penghambat untuk seorang guru dalam memaksimalkan kompetensinya. Hambatan dari keseluruhan evaluasi konteks, input, proses dan produk secara rinci dijabarkan sebagai berikut : (1) Dari evaluasi konteks, guru SDN Karang Tengah 4 sudah mengetahui tentang kebijakan pemerintah akan kompetensi guru, dan melaksanakan visi misi sekolah namun perlu ditingkatkan kembali; (2) Dari evaluasi input, masih terbatasnya motivasi guru untuk meningkatkan kompetensi pada bidang teknologi informasi demi berkembangnya kompetensi pedagogik guru yang berdampak pada hasil belajar siswa serta sarana prasarana yang belum memadai seperti ruang kelas, laboratorium IPA, ruang musik dan aula atau lapangan yang akan menunjang pengaktualisasian potensi siswa; (3) Dari evaluasi proses, guru SDN Karang Tengah 4 sudah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik namun perlu adanya inovasi-inovasi terbaru terutama pada bidang teknologi media sosial; (4) Dari evaluasi produk, guru SDN Karang Tengah 4 lebih meningkatkan prestasi guru secara individu dan prestasi sekolah kedepannya dengan memanfaatkan teknologi maupun kesempatan yang ada. Dari hasil penelitian yang ada, SDN Karang Tengah 4 masih membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat ataupun daerah untuk menambah sarana dan prasarana sekolah agar terwujudnya pendidikan yang sesuai dengan visi misinya.