| 
      terhadap kreativitas guru di SMP Negeri 1 Depok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, waktu,
dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SMP Negeri 1 Depok dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Pendekatan supervisi yang digunakan adalah pendekatan langsung dan tidak langsung. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik individual dan teknik kelompok. Hambatan dalam pelaksanaan supervisi di SMP Negeri 1 Depok adalah sekolah yang besar dengan jumlah rombongan belajar 33 kelas dan kepala sekolah mempunyai banyak tugas sehingga menyulitkannya dalam pelaksanaan supervisi akademik. Kecakapan, pendidikan, dan keahlian kepala sekolah belum sesuai dengan mata pelajaran guru yang disupervisi.SMP Negeri 1 Depok belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Beberapa pelaksanaan supervisi di
SMP Negeri 1 Depok memiliki waktu yang singkat, sehingga menjadi kendala
dalam memaksimalkan supervisi. Faktor pendukung Supervisi di SMP Negeri 1 Depok yaitu letak SMP Negeri 1 Depok berada di pusat kota, maka ini memudahkan dalam mengakses informasi.SMP Negeri 1 Depok memiliki banyak guru yang kreatif, terutama dalam metode dan model pembelajaran. Kepala sekolah selalu memfasilitasi dan memotivasi guru untuk lebih maju dan berkembang terutama dalam model pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan oleh kepala SMP Negeri 1 Depok efektif meningkatkan kreativitas guru. 
     |