Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji tentang: 1).Pengaruh kemampuan manajerial Kepala Sekolah terhadap kinerja guru, 2). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru, dan 3) Pengaruh kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap motivasi berprestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis jalur. Populasi penelitian ini pada tahun ajaran 2018- 2019 adalah semua guru SD Negeri binaan V dan VI di Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat sebanyak 137 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 102 orang yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik yang digunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket pada skala Liker). Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi, determinasi, uji F dan uji t serta analisis jalur (Path Analisis). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) “ terdapat pengaruh langsung positif kemampuan manajerial Kepala Sekolah terhadap kinerja guru”, dengan F hitung = 77.01 ˃ F table = 3.94; r13=0.662 dan t hitung = 8.83 ˃t table = 2.66 pada taraf signifikan 5% dan ϸ31=0.543, koefisien determinasi (kontribusi kemampuan manajerial Kepala Sekolah terhadap kinerja guru ) sebesar 43.82%; (2)“terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi terhadap kinerja guru”, dengan F hitung = 37.09 ˃ F table = 3.94; r23= 0.518 dan t hitung = 6.06 ˃ t table = 2.66, pada taraf signifikan 5% dan ϸ32=0.209, koefisien determinasi (kontribusi motivasi berprestasi terhadap kinerja guru) sebesar 26.83% , dan (3) “terdapat pengaruh langsung positif kemampuan manajerial Kepala Sekolah terhadap motivasi berprestasi dengan F hitung = 47.47 ˃ F table = 3.94; r12=0.570 dan t hitung = 6.94 ˃ t table = 2.66 pada taraf signifikan 5% dan ϸ21=0.570 , koefisien determinasi (kontribusi kemampuan manajerial Kepala Sekolah terhadap motivasi berprestasi), sebesar 32.49%. Implikasi dari penelitian ini adalah : 1. Berdampak positif terhadap kinerja guru bilamana kemampuan manajerial kepala sekolah dapat ditingkatkan menjadi kemampuan manajerial yang lebih baik dan terarah, sehingga kinerja guru juga meningkat, 2. Berdampak positif terhadap kinerja guru, bilamana motivasi berprestasi dapat ditingkatkan menjadi motivasi berprestasi yang lebih baik dan terarah, sehingga kinerja guru juga meningkat, dan 3. berdampak positif terhadap motivasi berprestasi, bilamana kemampuan manajerial kepala sekolah dapat ditingkatkan menjadi kemampuan manajerial yang lebih baik dan terarah, sehingga motivasi berprestasi juga meningkat.