Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap Implementasi Cambridge Lower Secondary Curriculum di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mutiara Harapan Islamic School Tangerang Selatan di masa pandemi Covid-19. Model evaluasi yang digunakan yaitu Discrepancy Evaluation Model yang meliputi empat aspek: (1) design, (2) installation, (3) process, dan (4) product. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Cambridge English, Mathematics, dan Science, Cambridge Exam Officer, dan Pengurus Komite Sekolah. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan Model Analisis Interaktif Miles dan Huberman dengan langkah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada tahap design,
implementasi Cambridge Lower Secondary Curriculum yang meliputi aspek misi sekolah dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya, manajemen dan kepemimpinan di sekolah, dan aturan dan ketentuan hukum terkait organisasi sudah sesuai dengan standar dan memenuhi kriteria evaluasi; (2) Pada tahap installation, implementasi Cambridge Lower Secondary Curriculum yang meliputi aspek kualitas kegiatan belajar mengajar dan lingkungan fisik sekolah sudah sesuai dengan standar dan memenuhi kriteria evaluasi; (3) Pada tahap process, implementasi Cambridge Lower Secondary Curriculum yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan keterlibatan komite sekolah sudah sesuai dengan standar dan memenuhi kriteria evaluasi; (4) Pada tahap product, capaian prestasi akademik dan
non-akademik peserta didik SMP Mutiara Harapan Islamic School sudah sesuai dengan standar dan memenuhi kriteria evaluasi; (5) Hambatan dan tantangan dalam implementasi Cambridge Lower Secondary Curriculum di masa pandemi Covid-19 yang meliputi tantangan dalam menjaga dan mempertahankan
kualitas pembelajaran selama online learning, keterbatasan waktu, dan pelaksanaan ujian Cambridge Lower Secondary Checkpoint di masa pandemi telah diatasi dengan berbagai upaya sehingga implementasi Cambridge Lower Secondary Curriculum di SMP Mutiara Harapan Islamic School telah terlaksana dengan baik. Hasil penelitian evaluasi terhadap implementasi kurikulum ini menunjukkan bahwa implementasi Cambridge Lower Secondary Curriculum di SMP Mutiara Harapan Islamic School di masa pandemi Covid- 19 sudah sesuai dengan standar dan memenuhi kriteria evaluasi dalam semua aspek.
|