Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif terhadap kepuasan kerja guru, pengaruh profesionalisme guru terhadap kepuasan kerja guru, serta pengaruh pemberian insentif terhadap profesionalisme guru. Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh langsung positif pemberian insentif terhadap kepuasan kerja guru. (2) Terdapat pengaruh langsung positif profesionalitas guru terhadap kepuasan kerja guru. (3) Terdapat pengaruh langsung positif antara pemberian insentif terhadap profesionalitas guru. Penelitian ini dilakukan dengan metode filed research melalui survei. Populasi penelitian sebanyak 140 orang. Sampel penelitian berjumlah 104 orang guru. Pengambilan sampel menggunakan random dan quota sampling. Instrumen penelitian dilakukan uji validitas dengan rumus Pearson Product Moment dan reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpah Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian insentif terhadap kepusasan kerja guru melalui persamaan regresi 3 ^ X =50,68+0,51X1 yang diartikan jika pemberian insentif naik 1 satuan maka akan berpengaruh pada naiknya kepuasan kerja guru sebesar 0,51 pada konstanta 50,68; koefisien arah regresi signifikan diuji dengan Fhitung 17,70 > F tabel 3,15 pada taraf signifikansi 0,05 dk pembilang 1 dan dk penyebut 58; . Kedua, terdapat pengaruh positif profesionalisme guru terhadap kepuasan kerja guru melalui persamaan regresi 3 ^ X = 39,51 + 0,43X2 yang diartikan jika profesionalitas guru naik 1 satuan maka akan berpengaruh pada naiknya kepuasan kerja guru sebesar 0,43 pada konstanta 39,51; Ketiga, terdapat pengaruh positif pemberian insentif terhadap profesionalisme guru melalui persamaan regresi 2^X =66,26+0,28X1 yang diartikan jika pemberian insentif naik 1 satuan maka akan berpengaruh pada naiknya profesionalisem guru sebesar 0,28 pada konstanta 66,26. Hasil penelitian diharapkan berguna untuk meningkatkan kepuasan kerja guru melalui pemberian insentif yang disertai profesionalitas guru.