Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, menguji dan mengetahui:
(1) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru TK se Kecamatan Larangan Kota Tangerang, (2) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru TK se Kecamatan Larangan Kota Tangerang, (3) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah TK se
Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 139 guru TK yang ada di Kecamatan Larangan Kota Tangerang, sementara sampelnya berjumlah 103 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru TK se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (5,488 > 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,440. Analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,479 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.02 < 0,05 dan nilai korelasi 0,479,berada di range 0,400 - 0,599. ini artinya Supervisi Akademik Pengawas Sekolah TK dengan Kinerja Guru memiliki pengaruh yang signifikan dan dalam kategori sedang. (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan kepala
sekolah terhadap kinerja guru TK se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (3,506 > 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,166. Analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,329 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05 dan nilai korelasi 0,329, berada di range 0,200 - 0,399 ini artinya Kepemimpinan Kepala Sekolah TK dengan Kinerja Guru memiliki pengaruh yang signifikan dan dalam kategori lemah. (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah TK se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (7,502> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,598. Analisis koefesien
korelasi menunjukan nilai 0,598 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.02 < 0,05 dengan nilai
korelasi berada di range 0,400 - 0,599. Ini artinya Supervisi Akademik Pengawas
Sekolah dengan Kepemimpinan Kepala Sekolah TK memiliki pengaruh yang signifikan
dan dalam kategori sedang.
|