Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Pendidikan karakter bagi anak usia dini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan sebagai dasar untuk pengembangan pribadi selanjutnya. Rendahnya kesadaran oang tua terhadap pendidikan karakter menjadi permasalahan yang harus diselesaikan dalam kaitannya membentuk karakter bangsa di masa depan. Implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini khususnya Taman Kanak-Kanak dimulai dengan penyusunan silabus/RPPH yang mencakup implementasi pendidikan karakter terhadap anak usia dini.
Penelitian ini mengindentifikasi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter, dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Model akan diuji secara teoretis maupun secara empiris di lapangan melalui penelitian pendahuluan, pendalaman penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, dan implementasinya melalui pembiasaan dan keteladanan.
Data yang terkumpul melalui metode observasi dan wawancara dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi pendidikan karakter dapat dilihat dari pembiasaan setiap hari. Setiap indikator pendidikan karakter ditunjukkan dengan strategi maupun metode pembelajaran yang mencerminkan nilai setiap karakter. Metode pembelajaran yang dimaksud berupa wujud penugasan maupun praktik pembelajaran serta pembiasaan sehingga nilai-nilai pendidikan karakter dapat terimplementasikan.
|